Teknik interface(perangkat lunak)
1. Tujuan [Kembali]
- Untuk mencetak 3 digit pada mikroprosesor
2. Alat dan Bahan [Kembali]
- Sofware emu 86
- Sofware proteus
program pada gambar 45 di bawah ini adalah program mencetak 3 digit angka ke layar dengan menggunakan instruksi utama DIV,PUSH, POP, dan int 21h service 02h.
MOV AH,02H : Merupakan perintah untuk menggunakan
register AH diberi nilai hexa 02
MOV CX,1AH : Merupakan perintah untuk mengcounter register CX dengan jumlah 1A
MOV DL,41H
INT 21H ; : Perintah interrupt untuk mencetak huruf ke
layar
PUSH DX : Perintah untuk
memasukkan isi register ke stack
MOV DL,20H : Perintah mengisi register DL dengan
nilai 20
INT 21H : Perintah menapilkan isi register ke
layar
POP DX : Perintah mengeluarkan isi register
dari stack
INC DL : Perintah increase register DL
LOOP lagi : Program looping ke lagi
MOV AH,4CH : Mengisi register AH dengan nilai 4C
INT 21H : Akhir Program
5. Prinsip Kerja [Kembali]
Penjelasan :
Pada petunjuk pemasukkan data int dan mov dimana
int pemasukkan data dan move pemindahan pada proses pemasukkan nilai yang sudah
di tentukan sesuai dengan tulisan nilai bilangan heksa dan verba yang ada. dan
d lanjutkan ke akhir progam yaitu INT 21h dimana ini penghentian data
atau selesei.
1. int yaiut interrupt memasukkan data dan mov
yaiut move menmindahkan Ax yaitu bilangan heksa
2. XOR CX,CX untuk penampilan berapa angka yang
akan di tampilkan pada bilangan yang ada
3. ULANGI mov yaiut selanjutynya memasukkan ulang
data hekasa pada penampilan yg tadi CX
4. Begitu juga seterusnya pada Ulang 1 dan ulang 2
dimana data akn di panggil kembali dan di tampilkan dan akan keluar pada Vcc
terminalnya
5. Kalau tidak ada memakai 21H maka data tidak akan
di tampilkan
Link Download untuk Program emu 86
Link Download untuk HTML
Komentar :
Posting Komentar